Sabtu, 05 Maret 2011

Mengenal Sejarah Uang


Uang merupakan alat tukar yang sangat penting bagi manusia di seluruh dunia. Perputaran uang terjadi begitu cepat. Ini karena uang dipergunakan setiap hari. Setiap negara mempuyai mata uang yang berbeda-beda. Berikut ini akan dijelasakan sejarah uang.


Sejarah Terjadinya Uang
Saat ini kebutuhan orang akan uang sangatlah tinggi. Anda bekerja keras untuk mendapatkan uang. Ya, uang memang berperan penting dalam kehidupan. Untukbelanja keperluan dan kebutuhan sehari-hari kita membutuhkan uang. Tahukah Anda, sebelum ditemukan uang logam dan kertas seperti yang kita gunakan sekarang, masyarakat menggunakan uang dari emas atau perak? Bahkan uang yang kita kenal sekarang ini mengalami proses perkembangan yang panjang. Bagaimana sejarah uang?


Sistem Barter
Kehidupan masyarakat dahulu masih sangat sederhana. Pekerjaan mereka pun juga masih sangat sederhana, tidak seperti sekarang. Pekerjaan zaman dulu hanya berburu, bercocok tanaman, menangkap ikan, dan beternak. Lalu bagaimana caranya petani mendapatkan ikan? Peternak mendapatkan beras?
Untuk memperoleh barang kebutuhan, karena saat itu belum mengenal uang, maka diadakan cara tukar menukar barang. Tukar menukar barang dikenal dengan nama barter. Seorang petani menukar beras dengan telur milik peternak ayam. Nelayan menukarkan ikannya dengan sayuran milik petani. Sebelum melakukan penukaran barang, harus melakukan kesepakatan terlebih dahulu. Ini dilakukan agar tidak saling merugikan kedua belah pihak.


Munculnya Uang
Dengan adanya kemajuan pola berpikir di masyarakat, sedikit demi sedikit cara barter tidak digunakan lagi. Mereka berpikir banyak sekalikerugian dalam cara barter tersebut. Oleh karena itu, muncullah cara baru, yaitu menggunakan benda-benda tertentu sebagai alat tukarnya. 
Benda-benda yang ditetapkan sebagai alat tukar adalah yang dapat diterima umum dan benda-benda kebutuhan sehari-hari. Contoh alat tukar tersebut adalah garam, manik-manik, kulit kerang, tanah liat, tembaga, dan sebagainya.
Sekitar abad ke-17 M, orang mulai mengenal cara pertukaran dengan uang logam. Logam yang digunakan adalah emas dan perak. Kemudian muncul uang kertas. Semula uang kertas yang beredar merupakan surat bukti kepemilikan emas dan perak.
Surat bukti itu digunakan sebagai alat perantara untuk melakukan transaksi. Seiring dengan perkembangan zaman, akhirnya orang-orang tidak lagi menggunakan emas dan perak lagi sebagai alat tukar. Mereka menggantinya dengan uang kertas sampai sekarang.
Hingga kini, kita mengenal uang kertas dan logam yang beredar sebagai alat tukar dan menjadi alat pembayaran yang sah. Anda dapat mencukupi kebutuhan dan keperluan sehari-hari dengan mudah karena adanya uang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar