Sabtu, 09 April 2011

Agar Otak Tetap Sehat, Minumlah Teh !


Anda penggemar teh? Seberapa seringkah anda mengkonsumsi teh setiap hari? Manfaat apa sajakah yang anda rasakan? Tahukah anda bahwa teh adalah faktor istimewa yang menjaga sel otak tetap sehat?
Secangkir teh baik untuk perkembangan otak karena memperlambat kerusakan sel dan menjaga daya ingat agar tetap tajam walaupun di usia lanjut. Sebuah penelitian di Singapura selama empat tahun oleh para ilmuwan tersebut telah membuktikan manfaat teh bagi perkembangan otak.
Setiap jenis teh akan menghasilkan manfaat yang sama. Banyak orang tidak menyadari besarnya manfaat teh untuk kesehatan tubuh kita. Teh itu murah, tidak beracun dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas secara teratur.
Para ilmuwan menemukan senyawa alami teh yang disebut catechin. Senyawa tersebut terbukti dapat melindungi sel-sel otak dari pembentukan protein yang merusak selama bertahun-tahun dan dapat tetap menjaga kemampuan kognitif otak.

Kafein dalam teh, berbeda dengan yang terdapat dalam kopi. Teh mengandung protein alamitheanine, yang melawan efek samping dari kafein seperti peningkatan tekanan darah, sakit kepala dan kelelahan.
Kerusakan sel otak, disebabkan oleh kombinasi hilangnya sel saraf, pengaruh gen, stroke ringan, dan peningkatan kadar protein yang merusak, terkadang menggiring penderita pada dementia yaitu penyakit gangguan fungsi kognitif akibat kerusakan di otak karena faktor usia atau penyakit serius lainnya.
Para ilmuwan meneliti dan mempelajari kebiasaan minum teh dari 2.501 orang China yang berusia 55 tahun ke atas dari September 2003 hingga Desember 2005. Kesehatan pasien, jangka waktu pengamatan, bahasa yang digunakan dan kemampuan spatial para responden diamati. Kebiasaan minum teh mereka juga dimonitor.
Sekitar 38 persen tidak minum teh. Dua puluh sembilan persen minum hanya satu jenis teh dan sisanya minum aneka jenis teh. Dua pertiga dari para peminum teh menjaga nilainya dalam tes daya ingat dua tahun kemudian. Di antara para bukan peminum teh, 35 persen terlihat mengalami penurunan nilai rata-rata dua poin, yang menunjukkan data penurunan kognitif.
Teh merupakan salah satu faktor yang membuat sel-sel otak tetap aktif dan bertenaga. Namun, meminum teh tanpa didukung kebiasaan sehat lainnya, juga kurang bermanfaat. Anda juga harus mempunyai kebiasaan untuk hidup sehat. Makan makanan yang bergizi tinggi dan berolahraga secara teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar